Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Palu Gelar Kuliah Umum Bertema “Peran Perbankan dalam Mendukung Pertumbuhan UMKM di Era Digital”
Palu – Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Muhammadiyah Palu menyelenggarakan Kuliah Umum dengan tema “Peran Perbankan dalam Mendukung Pertumbuhan UMKM di Era Digital”. Kegiatan ini menghadirkan dua narasumber kompeten, yaitu Mohammad Hidayat, Branch Manager PT Bank Syariah Indonesia (BSI) Cabang Poso, serta Aldi Gifari, seorang Digital Enthusiast yang juga menjabat sebagai Chief Marketing Officer Kopi A’Robi HQ Palu.
Kuliah Umum ini dilaksanakan secara daring dan diikuti oleh civitas akademika Universitas Muhammadiyah Palu serta para pelaku UMKM. Acara ini dibuka secara resmi oleh Rektor Universitas Muhammadiyah Palu, Prof. Dr. H. Rajindra, S.E., M.M., yang dalam sambutannya menekankan pentingnya sinergi antara perbankan dan UMKM dalam menghadapi tantangan ekonomi di era digital.
“Saya sangat mengapresiasi para narasumber yang berkenan untuk membagikan pengalaman tentang dunia perbankan dan UMKM. Ini penting bagi mahasiswa agar tidak hanya mendapatkan teori saat perkuliahan tetapi juga dari pengalaman praktisi. Seharusnya mahasiswa yang nantinya akan masuk di dunia kerja tidak lagi hanya berpikir menjadi ASN tetapi lebih baik belajar menjadi enterpreniur,”ujar Prof Rajindra.
Hal tersebut sejalan dengan sambutan dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Palu yang diwakili Rasmi Nur Anggraeni selaku Wakil Dekan I Bidang Akademik dan Kerjasama. Rasmi mengatakan, Kuliah Umum dilaksanakan sebagai upaya untuk mengembangkan minat dan bakat kewirausahaan mahasiswa sebagaimana visi dan misi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Palu.
“Kegiatan ini adalah upaya mengembangkan minat dan bakat kewirausahaan di kalangan mahasiswa sesuai visi dan misi kami. Mahasiswa dapat mendengar langsung kontribusi BSI dan pengalaman pelaku usaha A’Robi bagaimana dampak positif digitalisasi, sehingga dapat menggali insight untuk solusi bisnis inovatif dan inspirasi UMKM maju di era digital,”jelas Wadek I.
Melalui kegiatan ini, peserta mendapatkan wawasan mengenai peran sektor perbankan dalam mendukung pertumbuhan UMKM, khususnya melalui layanan perbankan berbasis syariah, serta strategi pemasaran digital yang dapat meningkatkan daya saing usaha di era transformasi digital.
Diharapkan, Kuliah Umum ini dapat memberikan manfaat bagi mahasiswa, pelaku usaha, dan masyarakat luas dalam memahami peluang serta tantangan yang dihadapi UMKM di tengah perkembangan teknologi dan digitalisasi ekonomi.